3 Museum Unik Indonesia

Museum Unik Indonesia

Inilah 3 Museum Unik Indonesia. Museum merupakan cermin sejarah, alam dan kebudayaan manusia. Tidak heran kalau Indonesia yang memiliki ragam kebudayaan ini memiliki banyak museum. Termasuk beberapa museum unik yang berhasil dirangkum redaksi Majalah REL.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka Surakarta
Museum Radya Pustaka Surakarta

Inilah museum tertua di Indonesia. Dibangun 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati (KRA) Sosrodiningrat IV, Patih masa pemerintahan Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Awalnya, museum ini merupakan kediaman KRA Sosrodiningrat di Kepatihan bernama Panti Wibowo. Kemudian atas prakarsa Pakubuwono X, museum ini dipindah ke Loji Kadipolo (Kompleks Taman Wisata Budaya Sriwedari di Jalan Slamet Riayadi, Surakarta) pada tanggal 1 Januari 1913 hingga saat ini.

Museum Radya Pustaka Merupakan museum tua di Indonesia
Museum Radya Pustaka Merupakan museum tua di Indonesia

Museum Radya Pustaka memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, meriam, patung-patung, prasasti, pusaka adat, wayang kulit, seperangkat gamelan, buku-buku kuno, dan berbagai koleksi lain bernilai seni tinggi. Yang unik, di sebuah sudut museum terdapat ruangan yang penuh dengan bau menyan dan dupa. Di

sini, terdapat sebuah benda bernama Kyai Rajamala yaitu sebuah hiasan pada kapal berupa kepala raksasa. Konon, Kyai Rajamala ini merupakan “penunggu” museum yang pada hari-hari tertentu harus diberi sesaji. Hal yang paling sering terjadi jika penjaga lupa memberi sesaji adalah akan muncul bau busuk menyebar pada seluruh ruang ini. Walau terkesan sepi, tetapi museum dengan tiket masuk Rp. 2.500 perorang ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menyukai wisata budaya dan kesenian. Walau gedungnya merupakan gedung tua dan terletak di antara kemegahan gedung-gedung lain di kompleks ini, tetapi gedung ini terlihat cukup dirawat dengan baik.

Museum Kartun Indonesia

Museum Kartun Indonesia
Museum Kartun Indonesia

Museum Kartun satusatunya di Indonesia, bahkan Asia Tenggara ada di Kuta Bali. Jika anda kebetulan sedang berlibur di Bali, tak ada salahnya mampir ke museum yang terletak di Jalan Sunset Road 85, Kuta, Bali. Berdiri di atas lahan sekitar 1600 meter persegi, museum ini memajang sekitar 200 karya kartun dari berbagai kelompok kartunis Indonesia. Kartun yang dipajang bervariasi. Temanya pun beragam, dari bertema ringan, hingga bertema serius.

BACA JUGA :  Pesona Tour Wisata Candi Barong Jogja

Seperti pemberantasan korupsi, illegal loging, hingga kartun tragedi bom Bali. Lucu, menggelitik, cukup menghibur, dan jauh dari hal yang membosankan, itulah berbagai kesan yang digambarkan pengunjung museum ini. Selain menampilkan beberapa aneka peristiwa sejarah Indonesia dalam bentuk kartun dan karikatur, di museum ini para pengunjung juga dapat melihat aneka kartun para tokoh-tokoh di Indonesia.

Museum Kartun Indonesia di Bali
Museum Kartun Indonesia di Bali

Mulai presiden pertama Indonesia Soekarno, mantan presiden Soeharto, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga tokoh-tokoh perjuangan hak buruh, Marsinah. Peresmian museum dilakukan pada tanggal 13 Maret 2008 dan dihadiri berbagai komuntas kartun dari seluruh Indonesia, serta beberapa maestro kartun Indonesia. Uniknya, untuk dapat menikmati aneka kartun koleksi museum ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Tapi hanya diwajibkan membeli kaos bergambar aneka kartun menarik seharga Rp. 20 ribu

 

Museum Sampoerna

Museum Sampoerna Indonesia
Museum Sampoerna Indonesia

Sesuai namanya, ini adalah museum dari salah satu perusahaan rokok tertua dan terbesar di Indonesia, Sampoerna. Terletak di Surabaya lama, komplek bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1862. Awalnya digunakan sebagai  panti asuhan putra yang dikelola pemerintah Belanda. Kompleks ini dibeli oleh Liem

Seeng Tee, pendiri Sampoerna pada tahun 1932. Berbagai koleksi sejarah keluarga dan perusahaan Sampoerna dipamerkan museum ini. Mulai dari kisah hidup pendiri dan keluarga Sampoerna, Rolls Royce antik, kebaya kuno, sampai dengan alat-alat yang digunakan untuk produksi rokok dari dulu sampai sekarang.

Museum Sampurna Indonesia
Museum Sampurna Indonesia

Selain itu, Museum yang buka setiap hari dengan gratis ini juga memiliki beberapa fasilitas. Di antaranya adalah Café, Art Gallery, Museum Shop, serta alat transportasi bernama Surabaya Heritage Track (SHT). Jika anda kebetulan sedang berkunjung ke Surabaya, sempatkan mampir ke museum yang hanya boleh dimasuki pengunjung berusia di atas 18 tahun. Museum Sampoerna terletak di Taman Sampoerna 6, Surabaya. Dengan kendaraan, hanya 5 menit dari Monumen Tugu Pahlawan dan Stasiun Surabaya Pasarturi, 12 menit dari tunjungan Plaza, dan 20 menit dari Jembatan Suramadu.

2 thoughts on “3 Museum Unik Indonesia

  1. Nusantara tentu saja banyak dikenal dan juga terkenal di dunia karena salah satunya mempunyai tempat wisata yang indah-indah, negeri ini menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai negara belahan dunia. Salam pesona wisata indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.